PENGARUH MANAJEMEN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Meta Leonarda Sitanggang PGSD, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, 20132, Indonesia.
  • Antonius Remigius Abi PGSD, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, 20132, Indonesia.
  • Bagus Subambang Prodi Pendidikan AK, Institut Injil Indonesia, Jawa Timur, Indonesia.
  • Bogor Lumbanraja PGSD, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, 20132, Indonesia.
  • Regina Sipayung PGSD, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, 20132, Indonesia.
  • Dewi Anzelina PGSD, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, 20132, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.787

Keywords:

Manajemen Peserta Didik, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen peserta didik terhadap hasil belajar matematika pada kelas 5 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yakni pada kelas 5 SD Negeri 060833 Medan Petisah yang berjumlah 33 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling sensus. Penelitian ini mengaji pengaruh manajemen peserta didik terhadap hasil belajar dalam pendidikan dasar. Penelitian ini menekankan pentingnya sekolah memiliki sistem pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan untuk melacak kemajuan dalam manajemen peserta didik. Dengan memanfaatkan data hasil siswa, umpan balik dari siswa dan orangtua, serta eavluasi program, sekolah dapat mengindetifikasi kekuatan dan kelemahan dalam praktik manajamen peserta didik. Hal ini memungkinkan dilakukannya penyesuaian yang diperlukan guna meningkatkan efektivitas manajemen peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari pengujian korelasi dapat di lihat pada koefisien korelasi sebesar r_(hitung ) 0,606 ≥ r_(tabel   ) 0,344 maka dapat disimpulkan hipotesis altervative ( H_a) diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 060833 Medan Petisah. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana t_(hitung )≥ t_(tabel   )yaitu t_(hitung )sebesar 4,238 dan t_(tabel )  sebesar 2,039, maka hipotesis (H_a) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang singnifikan antara manajemen peserta didik dan hasil belajar matematika pada kelas 5 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-09-30