PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MA MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW KELAS V SDN GUNONG KLENG

Authors

  • Henra Saputra Tanjung STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Siti Aminah Nababan STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.87

Keywords:

Minat, Hasil Belajar, Jigsaw.

Abstract

Riset ini dilaksanakan untuk melihat bagaimana pengimplementasian
model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar
pelajar khususnya pada mata pelajaran Matematika di kelas V di SDN Gunong
Kleng. Subjek riset ini berjumlah 18 siswa yang terbagi dari 11 orang anak laki-laki,
dan 7 orang anak perempuan yang diteliti pada Tahun Ajaran 2022 semester Ganjil,
yakni dari bulan Oktober hingga November. Adapun metode yang diterapkan dalam
riset ini adalah Classroom Action Research atau yang dikenal dengan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang mana dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Teknik
Observasi dan Evaluasi berupa tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang siginfikan baik itu pada
minat maupun pada hasil belajar siswa kelas V SDN Gunong Kleng selama proses
belajar mengajar pada mata pelajaran Matematika. Selanjutnya, indikator kecapaian
dalam riset ini adalah pada peningkatan hasil belajar murid baik dari siklus I maupun
siklus II dengan KKM yang telah ditentukan di SDN Gunong Kleng yaitu 65.

Downloads

Published

2022-09-12