PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY (IT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR CAIRO BANDA ACEH

Authors

  • Muhammad Iqbal STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam
  • Helmiati STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam
  • Novi Mulyani STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.84

Keywords:

Information Technology, Prestasi , Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis IT terhadap peningkatan prestasi siswa, memperluas wawasan dalam kajian IT khususnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar Cairo Banda Aceh. Pemilihan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat meningkatkan prestasi siswa. Prestasi yang dimaksud tidak hanya berupa angka-angka pada nilai rapot tetapi dari segi perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa di kelas, keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas, kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru serta interaktif di kelas. Perbandingan capaian peingkatan prestasi siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat dijabarkan bahwa perhatian dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang sebelumnya bernilai 25% meningkat menjadi 55%, begitu juga dengan keaktifan siswa dalam bertanya di kelas sangat antusias yakni dari 15% menjadi 60% setelah menggunkan tablet. keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas yang di bebankan dari 20% meingkat drastis menjadi 80%. Serta kemampuan siswa dalam menjawab berbagai pertanyan dari guru di kelas dari 25% menjadi 75%. Dan Interaktif siswa di kelas dari 25% jauh meningkat menjadi 94% . Siswa menjadi lebih produktif dan lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas dan perhatian siswa terhadap pembeljaran meningkat sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat meningkatkan prestasi siswa.

Downloads

Published

2022-09-12