UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.82

Keywords:

Model Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Jigsaw di kelas V SDI Bhoanawa 2. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan lokasi penelitian tersebut dilaksanakan di SDI Bhoanawa 2 dengan subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat di simpulkan pula sebagai berikut: (1) Prestasi belajar peserta didik kelas VSDI Bhoanawa 2 Ende setelah diterapkan model Jigsaw mengalami peningkatan yang dilihat dari hasil analisis siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 65% dan di siklus II mengalami peningkatan prestasi belajar dengan persentase ketuntasan belajar adalah 100%. (2) Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari setelah diterapkan model Jigsaw dengan rata-rata 42% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II.

Downloads

Published

2022-09-12