PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 6 ONANRUNGGU KECAMATAN ONANRUNGGU KABUPATEN SAMOSIR TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.789Keywords:
Snowball Throwing, IPAS, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 6 Onanrunggu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 31 siswa berdasarkan teknik purposive sample. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 54,41yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 79,80 kategori baik. Dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh hasil r_hitung ≥r_tabel dengan hasil 0,717 ≥ 0,355. Selanjutnya pengujian hipotesis yang membandingkan nilai t_hitung ≥t_tabel. Diperoleh nilai t_hitung = 5,539 sedangkan t_tabel = 1,696. Karena t_hitung ≥t_tabel (5,539 ≥ 1,696) maka H_a diterima dan H_o ditolak. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran Snowball Throwing (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).