TARIAN ADAT “GAWI “UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Virgilius Bate Lina Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi
  • Lusia Fransiska Meo Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi
  • Anjelina Amus Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi
  • Rosalina Mene Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi
  • Natalia Weni Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi
  • Sesilia Olivia Universitas Flores Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jln. sam ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.769

Keywords:

Gawi, Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam tarian adat Gawi ? (2) apa kaitan nilai-nilai dalam  tarian adat Gawi untuk membentuk karakter peserta didik dalam pembelajaran di Sekolah Dasar ?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tarian adat Gawi. (2) Mengetahui kaitan antara nilai-nilai tarian adat Gawi untuk membentuk karakter peserta didik dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah para tokoh adat.  Selanjutnya teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam tarian adat Gawi itu seperti nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai sosial, nilai tata krama. Nilai-nilai karakter dari tarian Gawi yang relavan untuk membentuk karakter peserta didik dalam pembelajaran  di SD yaitu nilai religius pada kelas IV KI 1 KD 1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.  Nilai tanggung jawab pada kelas IV KI 2 KD 2.1 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, sebagaimana, ditunjukan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam dalam kehidupan sekarang. Nilai Sosial pada kelas V KI 1 KD 1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilakusebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial budaya dan ekonomi.

Downloads

Published

2023-09-30