PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 060908 MEDAN

Authors

  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.72

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL); Motivasi Belajar; Kemampuan Menulis Cerpen

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis cerpen dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa di kelas V SDN 060908 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 060908 Medan. Penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi experimental. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 060908 Medan. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa yaitu sebanyak 25 siswa pada kelas V-A dan sebanyak 25 siswa pada kelas V-B. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Selanjutnya tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengolahan, dan (4) tahap pelaporan.

Downloads

Published

2022-09-12