PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR TEMATIK DARING PADA SISWA SD DI KOTA TEGAL

Authors

  • Tri Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Akhmad Junaedi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Kurotul Aeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Intan Holi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Rumiati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Ika Wahyu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.716

Keywords:

Guru, Pembelajaran tematik daring.

Abstract

Bencana pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak maret 2020, namun pada tahun ajaran 2022/2023 pembelajaran daring juga masih berlanjut. Hal tersebut karena pembelajaran daring merupakan bagian dari implementasi pembelajaran masa kini. Tujuan dari penelitian adalah (1) Menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran tematik daring. (2) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran tematik daring. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penulisan hasil. Pelaksanaan pembelajaran daring masih terdapat kendala dan hambatan yang dihadapi siswa. Siswa kesulitan dalam memahami pelajaran yang tersaji secara tematik daring. Sarana dan prasarana di sekolah juga kurang memadai. Guru masih ada yang belum pernah mengikuti diklat kurikulum 2013, sehingga pemahaman
tentang penerapan pembelajaran tematik masih minim. Penyampaian pembelajaran masih terpisah antar mata pelajaran karena kurangnya pemahaman guru tentang makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Model dan metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan sistem lama yaitu hanya sebatas metode ceramah, karena kurangnya kreatifitas. Padahal, mestinya kurikulum 2013 harus sudah dilaksanakan secara benar di sekolah, termasuk pelaksanaan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan berbagai informasi dengan memberikan kemudahan,
keleluasaan dan kedalaman implementasi kurikulum.

Additional Files

Published

2022-09-30