PENGARUH PENERAPAN MODEL REACT (RELATING, EXPERIENCE, APPLYING, COOPERATION, TRANSFER) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Susilawati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Damanhuri Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Wika Hardika Legiani Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.709

Keywords:

Model REACT, Hasil Belajar, Pembelajaran PPKn.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model REACT (Relating, Experience, Appying, Cooperation, Tranfering) Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Peserta Didik Kelas XI IPA di MA Al-Khairiyah Rancaranji. Penelitian ini merupakan penelitian jenis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini ada seluruh peserta didik kelas XI jurusan IPA di MA Al – Khairiyah Rancaranji Tahun 2022/2023 berjumlah 40 orang yang dijadikan sebagai populasi sekaligus sampel dalam penelitian. Untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang ada dalam penelitian ini, maka dilakukan diantara-Nya; uji liniaritas, homogenitas, normalitas, dan regresi sederhana. Hasil yang didapat dari seluruh uji prasyarat yang telah dilakukan dinyatakan telah memenuhi syarat atau asumsi masing-masing dari setiap pengujian yaitu bersifat (normal, linear dan homogen). Dan hasil akhir yang menggunakan product momen dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model REACT terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik, yang signifikan dengan arah pengaruh yang bersifat positif. Dengan demikian dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh antara penerapan model REACT terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik di MA Al Khairiyah Rancaranji.

Downloads

Published

2023-09-11