PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI GAMES COMPETITION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP TRI DHARMA ENDE
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.685Keywords:
Aktivitas Belajar, Pendekatan Cooperative Learning, Strategi Games CompetitionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi siswa pada pembelajaran IPS. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) ini dengan menggunakan pendekatan cooperative learning dengan strategi Games Competition.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VIII SMP Tri Dharma Ende. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, angket , dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif dan diskriptif komparatif. Pembelajaran IPS menggunakan pendekatan cooperative learning dengan strategi Games Competition merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga mampu memotivasi siswa untuk lebih bersemangat belajar. Pada pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif, kreatif dalam mengungkapkan pendapat, menghargai pendapat orang lain, berani bertanya, menanggapi , belajar berkompetisi secara jujur, serta mampu menumbuhkan rasa solidaritas siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan yang sangat berarti, hal ini dilihat dari aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yang hanya 11 %, pada Siklus I sebesar 65 % dan pada Siklus II sebesar 85 %.