PENERAPAN PERMAINAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.681Keywords:
Bahasa Ekspresif, Pencampuran Warna, Anak Usia DiniAbstract
Bahasa ekspresif ialah ketika anak menyampaikan apa yang ia pikirkan dalam susunan kata menjadi kalimat sederhana dan terjadinya interaksi dengan lingkungannya. Pencampuran warna dilakukan dengan mencampur warna primer yaitu merah biru kuning sebagai warna dasar dan menghasilkan warna lain yang disebut dengan warna sekunder.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan apa yang terjadi di lapangan secara real mengenai penerapan kegiatan pencampuran warna. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana penerapan kegiatan bermain pencampuran warna dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kegiatan pencampuran warna sangat disenangi anak dan membantu mereka mendapatkan pengalaman yang menarik. Sehingga kegiatan menceritakan kembali yang menajdi indikator dalam bahasa ekpresif anak dapat ditunjukkan oleh anak.