PENERAPAN PERMAINAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI

Authors

  • Raudhah Farah Dilla Dosen STKIP An-Nur, Kec. Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Mutia Rahayu Dosen STKIP An-Nur, Kec. Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Rizki Ramadhani Dosen Universitas Bina Bangsa Getsampena, Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.681

Keywords:

Bahasa Ekspresif, Pencampuran Warna, Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa ekspresif ialah ketika anak menyampaikan apa yang ia pikirkan dalam susunan kata menjadi kalimat sederhana dan terjadinya interaksi dengan lingkungannya. Pencampuran warna dilakukan dengan mencampur warna primer yaitu merah biru kuning sebagai warna dasar dan menghasilkan warna lain yang disebut dengan warna sekunder.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan apa yang terjadi di lapangan secara real mengenai penerapan kegiatan pencampuran warna. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana penerapan kegiatan bermain pencampuran warna dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kegiatan pencampuran warna sangat disenangi anak dan membantu mereka mendapatkan pengalaman yang menarik. Sehingga kegiatan menceritakan kembali yang menajdi indikator dalam bahasa ekpresif anak dapat ditunjukkan oleh anak.

Downloads

Published

2023-03-31