PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Rina Masama Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.67

Keywords:

Hasil Belajar, IPA dan Numbered Head Together.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajara IPA kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan sampel yang diambil adalah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk essay sebanyak 11 soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes akhir siswa 80,84 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 85,71%. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan

Downloads

Published

2022-09-12