PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK

Authors

  • Chatarina Novianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Flores
  • Nining Sar’Iyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.657

Keywords:

Carousel Feedback, hasil belajar, IPA.

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDK Roworeke 2 Ende  terhadap proses pembelajaran IPA menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Ketuntasan hasil belajar IPA siswa hanya mencapai 40%, sedangkan 60% lainnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan, yaitu dengan penerapan model carousel feedback. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran carousel feedback dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan, dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 75% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II.

Downloads

Published

2023-03-31