PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Authors

  • Yuliani Sepe Wangge Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.655

Keywords:

Talking stick; Kemampuan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris pada mahasiswa semester II program studi PGSD Universitas Flores tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas B yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas belajar dan hasil belajar. Aktivitas belajar pada siklus I berada pada kriteria cukup dengan persentase 56,52% meningkat menjadi 74,04% pada siklus II dan 80,48% pada siklus III dengan kriteria baik. Hasil belajar pada siklus I sebesar 67,09 dengan ketuntasan klasikal 38,70%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 74,51  dan pada siklus III meningkat menjadi 77,90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Downloads

Published

2023-03-31