PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES WATUJARA

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Flores
  • Anselmus Mema Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.654

Keywords:

Aktivitas, Prestasi belajar,Strategi The Power Of Two

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi The power two dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaranĀ  IPS,dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi iniĀ  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, serta mengetahui respon siswa Kelas V SD Inpres Watujara terhadap pembelajaran IPS dengan strategi The power of two. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas V SD Inpres Watujara. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes siklus, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil tes siklus yang mengalami peningkatan rata-rata 20,73%. Sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 39,02%, pada siklus I meningkat menjadi 70,73%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,49%. Untuk aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran rata-rata mengalami peningkatan 18,9%, sedangkan aktifitas belajar siswa dalam berpasangan rata-rata meningkat sampai 18,70%. Peningkatan prestasi belajar dan aktifitas belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan kemampuan psikomotor yang ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan siswa dalam persentasi.

Downloads

Published

2023-03-31