PENGARUH METODE PELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SWASTA PAB 2 HELVETIA

Authors

  • Silfia Maya Sari PGSD STKIP Pangeran Antasari Medan.
  • Sri Ramadhani PGSD STKIP Pangeran Antasari Medan.

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.609

Keywords:

Metode pelajaran Kooperatif STAS, Aktivitas serta Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Sedangkan pada siklus II ini jumlah nilai awal peserta didik mencapai sebanyak 49,7 dengan tingkat ketuntasan  ini pada tes yang telah diselesaikan, dapat diasumsikan bahwa kemampuan kooperatif peserta didik dalam menghitung bilangan belum sempurna. Kelas eksperimen adalah 49,7 dengan standar deviasi 14,09. Sedangkan untuk kelas kontrol rata nilai peserta didik adalah 68,6 dengan standar deviasi 7,627. Hasil pengujian spekulasi t diperoleh thitung < ttabel khususnya 0,5062 > 2,0226 yang berarti Ho tidak diterima serta Ha diakui, serta berarti ada “Pengaruh Metode Pembelajaran (STAD) erhadap Hasil Belajar peserta didik Matematika Materi Hitung Pecahan Kelas V Operasi SD PAB 2 Helvetia.

Downloads

Published

2023-07-13