PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 106803 PEMATANG JOHAR

Authors

  • Amir Danis STKIP Pangeran Antasari
  • Winda Shabrianti STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.603

Keywords:

Model Pembelajaran Kontekstual, Minat Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki permasalahan yaitu rendahnya minat belajar siswa kelas V di SD Negeri 106803 Pematang Johar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, eksperimen semu. Penelitian ini pun memiliki tujuan dalam mengetahui apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kontektual dan bagaimana pengaruh penggunaan model tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106803 Pematang Johar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan sampel yaitu kelas VA dan VB, sample penelitian diplih menggunakan random sampling, dan Observasi digunakan dalam metode pengumpulan data ini. dan pemberian kuesioner(angket). Berdasarkan hasil pemeriksaan didapatkan nilai sig.(2 diikuti) 0.001 < 0.05 yang berarti ada perbedaan yang sangat besar pada keuntungan terbesar siswa Data diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji T dan uji multivariate. sebelum tes dan sesudah tes. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajran kontektual memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-12