PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Suroso Suroso, Kuncahyono Kuncahyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada konsep benda dan sifatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negerri Sumber. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 34 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan metode eksperimen verifikasi, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajarkan dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data dengan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil thitung > ttabel (9,26 > 2,00). Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pendekatan Lingkungan, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke- 14Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Basyirudin, Usman.Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat. Pers. 2002.

Devi, Poppy Kamalia.Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SMP, Modul diakses dari: http://www.p4tkipa.net/modul/Tahun2010/BERMUTU/MGMP/Keter ampilan%20Proses%20dalam%20Pembelajaran%20IPA.pdf pada tanggal 01 Februari 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Gunawan, Imam dan Anggarini Retno Palupi, Taksonomi Bloom- Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian, diakses dari: http://www.ikippgrimadiun.ac.id/ejournal/sites/default/files/2_Imamg un%20&%20Anggarini_Taksonomi%20Bloom%20%E2%80%93%20 Revisi%20Ranah%20Kognitif%20Kerangka%20Landasan%20untuk

%20Pembelajaran,%20Pengajaran,%20&%20Penilaian.pdf

Hernawan, Asep Herry, dkk.Belajar Dan Pembelajaran SD, Bandung: UPI PRESS

Ikhsan, Fuad.Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2001. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Nasution, Noehi.Pendidikan IPA di SD, (Jakarta: Universitas Terbuka,2005 Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Roestiyah dan Yumiati Suharto, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1985.

Rustaman, Nuryani, dkk.Strategi Pembelajaran Biologi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Samatowa, Usman.Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar,Jakarta: PT.Indeks, 2010.

Sobur, Alex. Psikologi Umum, Bandung: CV.Pustaka Setia, 2003. Sudijono,Anas.Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet.11, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika, Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

-----------------dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: CV. Sinar Baru, 1989.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Jakarta: Ufuk Press, 2012.

Suprianti, Dhia.Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA diakses dari http://dhiasuprianti.wordpress.com/penggunaan-metode- eksperimen-dalam-pembelajaran-ipa/ pada tanggal 03 Feb 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Cet.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

---------------------Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,Cet. Ke-16 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Widodo, Ari, dkk.Pendidikan IPA Di SD, Bandung: UPI PRESS, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.