PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA IV SDN 14 BUKIT BATU

Authors

  • Eka Wafiani Umi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.585

Keywords:

Model Kooperatif, STAD, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

masalah penelitian ini kurangnya kerjasama yang dibangun oleh siswa pada pelajaran yang mana selama ini mereka belajar secara individual. Tujuan penelitian ini yakni dapat mengetahui dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar bahasa indonesia. Sampel penelitian ini dari SD Negeri 14 Bukit Batu dengan teknik sampling random dengan pengambilan siswa sebanyak 50% dari populasi pada kelas IV A dan B. instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes butiran soal yang sudah teruji validitas dan reliabilitas pada sig. 0.05. pengumpulan data yang dipakai yaitu tes butir soal, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan berupa penentuan kriteria/analisis persentasi. Hasil penelitian ini dari perhitungan uji distribusi t yakni t hitung sebesar t hitung (2,082) dan t table (1,796). Berdasarkan kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa IV SD Negeri 14 Bukit Batu.

Downloads

Published

2023-07-10