PENGARUH METODE SILABA BERBANTU MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 91 PALEMBANG

Authors

  • Asma Wati Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.573

Abstract

Masalah dari penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang terjadi pada siswa yang belum mampu membaca dengan baik, kurangnya mengenal huruf-huruf alfabetis dan kesulitan membaca kata yang berakhiran konsonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode silaba berbantu media kartu terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Quasi experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t (Independen sample t test). Dari hasil pengolahan data penelitian dengan bantuan program SPSS diperoleh nilai  = 1,855 dan nilai  = 1,670 dengan α = 0,05 dan df = 62, maka 1,855 > 1,670 dengan demikian  > . Sesuai dengan uji prasyarat uji hipotesis maka  ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode silaba berbantu media kartu terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 91 Palembang.

Downloads

Published

2023-07-12