PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kiki Pratama Rajagukguk Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.57

Keywords:

Problematika, Media, Teknologi, Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana kendala
penggunaan media pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar dan
bagaimana Solusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan
teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga
menggunakan metode Kuantitatif. Adapun hasil penelitian didapatkan kendala penggunaan media
pembelajaran berbais teknologi yaitu masalah yang berhubungan dengan kompetensi guru, masalah
dengan peserta didik dan masalah dengan media pembelajaran berbasis teknologi Pemanfaatan media
pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains terdapat kendala atau masalah yang
mempengaruhinya. Masalah yang terjadi dalam mata pelajaran sains sangat beragam sesuai dengan
kondisi dan situasi dimana media pembelajaran berbasis teknologi itu dimanfaatkan. Bahkan di setiap
kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan tingkatan guru dan siswa. Hal tersebut
disebabkan karena kurang maksimalnya kompetensi yang dimiliki guru dan terbatasnya media
pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran sains Solusi yang dilakukan oleh Guru dalam
pembelajaran sains Sekolah Dasar yaitu melalui Pelatihan atau penataran bagi semua guru mata
pelajaran tentang teknologi informasi, Pelatihan khusus guru mata pelajaran TIK, sehingga nantinya
bisa menjadi tutor bagi guru mata pelajaran yang lain, Seminar tentang pendidikan khususnya tentang
pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, Studi banding ke lembaga atau sekolah yang
lebih maju yang mempunyai kelebihan.

Downloads

Published

2022-03-07