PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN NARASI DI SEKOLAH SDN 060952

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Yessy Tri Ajeng STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.565

Keywords:

model pembelajaran PjBL, menulis, karangan narasi.

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran PjBL pada  kemampuan siswa menulis karangan narasi pada siswa kelas 4 SDN 060952. Model pembelajaran ini memusatkan pada suatu projek yang melibatkan siswa untuk merefleksikan ide dan pendapat dengan pemikiran kritis yang mempengaruhi hasil proyek kemudian diproses serta di presentasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 060952. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen atau disebut juga pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL berdampak pada kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 060952. Artinya  dengan menggunakan model PjBL,  siswa  mampu menuliskan alur cerita berdasarkan peristiwa yang terjadi dan membuat siswa  aktif  selama pembelajaran berlangsungn di kelas. Hasil tes kemampuan menulis karangan  membuktikan bahwa 100% siswa mampu menulis karangan narasi karena siswa dinyatakan  lulus KKM.

Downloads

Published

2023-08-13