PENGARUH SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Authors

  • Gun Gun Gumilar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.560

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti saat pembelajaran matematika di kelas 5 SD Negeri Hegarmanah. Didapatkan bahwa terdapat kecenderungan bahwa siswa yang tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran cenderung tidak memahami materi yang diajarkan. Sehingga peneliti merumuskan suatu hipotesis bahwa terdapat pengaruh dari sikap belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Untuk menguji hipotesis ini, dilakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu metode analisis regresi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas 5 SD Negeri Hegarmanah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat digambarkan oleh sikap belajar matematika siswa sebesar 63,3% dan sisanya sebesar 36,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian. Dari model regresi yang terbentuk didapatkan bahwa setiap 100% peningkatan sikap belajar matematika siswa akan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 27,2%.

Downloads

Published

2023-07-13