PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 25 REJANG LEBONG

Authors

  • Dewi Melyani Universitas PGRI Silampari
  • Agus Susilo Universitas PGRI Silampari
  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong tahun ajaran 2023 setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Sosial. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasinya seluruh kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong dan sebagai sampelnya kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 23 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Rejang Lebong setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Sosial secara signifikan tuntas. Hal ini sesuai dengan hasil uji-z nilai post –test pada taraf signifikan α  = 0,05, diperoleh zhitung  (8,536) > ztabel (1,699), rata – rata hasil belajar IPS siswa setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri Sosial sebesar 79,00 dan persentase jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar mencapai 96,6%.

Downloads

Published

2023-07-10