STRATEGI GURU TERHADAP PENDIDIKAN KRITIS DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Armi Febriani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Yatul Azizah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Noki Satria Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Merika Setiawati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.554

Keywords:

Strategi Guru, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Pendidikan tentunya akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, setiap perubahan akan selalu ditampilkan sesuai dengan perkembangan zaman. Begitu pula dengan kurikulum yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kurikulum merdeka belajar memang berbeda dengan kurikulum sebelumnya karena kurikulum merdeka lebih banyak menggunakan pembelajaran yang berdiferensiasi dan pengembangkan pelajaran melalui Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila. Dalam hal ini guru harus mampu membimbing siswa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar sehingga menjadi kurikulum yang memiliki keunggulan tersendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah literature review yang didukung dengan literature dari jurnal atau artikel. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka belajar dapat memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Selain itu, guru juga difasilitasi dalam kurikulum baru ini karena dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dalam bentuk proyek (P5).

Downloads

Published

2023-07-12