PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Ubad Subandi UMMI
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.553

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kreativitas hasil belajar

Abstract

Latar belakang Penelitian dimana Pembelajaran yang salah fungsinya mengembangkan kreativitas belum menampakan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kabandungan Tahun pembelajaran 2022/2023, dalam materi tentang Operasi hitung pembagian tes sumatif akhir materi menunjukan KKM belum dapat dicapai oleh sebagai besar siswa dari jumlah 25 siswa hanya 8 siswa sudah mencapai (kriteria ketuntasan minimal) KKM dan 17 siswa belum mencapai (kriteria ketuntasan minimal) KKM, Dengan standar nilai 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilaksanankan dengan 2 siklus, Penelitian bertujuan mengimplementasikan Model Pembelajaran Based Leraning (PBL) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa, peningkatan kreativitas siswa setelah penggunaan Model Pembelajaran Based Learning (PBL), Hasil Penelitian menunjukan pengamatan yang dilakukan pada siklus I, Kreativitas hasil belajar siswa dari jumlah seluruh siswa, sebanyak 15 siswa atau 60% dan sebanyak 10 siswa atau 40%. Perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II, Jumlah siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 20 siswa atau 80% dan sebanyak 5 siswa atau 20%. Sedangkan target peneliti terhadap Kreativitas hasil belajar dalam pembelajaran adalah 75% siswa harus menguasainya. Hasil penelitian tersebut dengan kategori sangat baik, dengan capaian seluruh indikator kreativitas siswa meningkat.

Downloads

Published

2023-07-10