UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA TUBOKAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN PAGELARAN
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.531Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari hasil temuan observasi yang dilakukan oleh penulis di SDN Pagelaran, penulis menemukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas II terlihat masih kurang maksimal, hal tersebut terlihat dari nilai membaca permulaan dimana dari 14 siswa kelas II hanya terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai membaca permulaan diatas angka 75. Berdasarkan penemuan tersebut peneliti mencoba untuk memperbaiki keadaan yang ada dengan menggunakan media tubokas untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama II siklus penulis berkesimpulan bahwa media tubokas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, hal tersebut dibuktikan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh penulis dengan berdasarkan pada lembar observasi penilaian kemampuan membaca permulaan maka terlihat pada siklus I hasil kemampuan membaca permulaan siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 72.72 dengan 7 siswa memiliki nilai di atas KKM dan pada siklus II terdapat kenaikan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 81.81 dan siswa yang memiliki nilai di atas KKM sebanyak 11 orang siswa.