KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU: TPACK PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI/SD

Authors

  • Tengku Hafinda STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.52

Keywords:

Kemampuan mengajar; calon guru Madrasah Ibtidaiyah; TPACK; pembelajaran matematika MI/SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengajar mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD dengan fokus penelitian mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD sebanyak 23 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data penelitian memaparkan tentang komponen-komponen TPACK yang meliputi data-data: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan mengajar mahasiswa calon guru ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 2.94 dan persentase sebesar 58.8.

Downloads

Published

2022-03-07