PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III NEGERI 068474 MEDAN LABUHAN TA 2022/2023

Authors

  • Herna SD Negeri 068474
  • Sri Ramadhani SD Negeri 068474

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.512

Keywords:

Minat Belajar, model Picture and Picture, Penerapan

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas III SD Negeri 068474 Medan Labuhan. Tujuan penelitian ini ialah mencari tahu penerapan model pembelajaran picture and picture agar dapat menaikkan minat belajar siswa kelas III. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Test dan Post-Test. Subjek penelitian ini ialahsiswa kelas III SD Negeri 068474 Medan Labuhan, dan objek penelitian adalah model pembelajaran picture and picture, peningkatan minat belajar siswa pada materi menulis karangan. Teknik pengumpulan data memakai observasi, wawancara dan tes. Hasil pada penelitian diperoleh dalam penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan minat belajar dengan menerapkan model picture and picture. Hasil Pre-Test membuktikan nilai rata-rata 61,33 sebanyak 63% dengan jumlah 19 siswa yang belum berkompeten dan 37% dengan jumlah 11 siswa berkompeten. Kemudian hasil nilai Post-Test membuktikan rataan sebesar 78 sebesar 80% dengan jumlah 24 siswa yang berkompeten, dan 20% sejumlah 6 siswa yang belum berkompeten. Dengan begitu terjadi peningkatan kemampuan pada menulis karangan kelas III SD Negeri 068474 Medan Labuhan dengan mengaplikasikan model Picture and Picture.

Downloads

Published

2023-08-11