UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BENDA MAGNETIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SISWA KELAS VI SDN 060950

Authors

  • Elshaday Angelita Silaen STKIP Pangeran Antasari
  • Hilman Haidir STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.511

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Solving, Benda Magnetik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA benda magnetik di SD Negeri 060950.Kelas VI-B berjumlah 26 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 16 perempuan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan metode penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian tersebut telah melalui dua siklus.Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil belajar saat mengikuti tes awal menghasilkan 76,29% tuntas dan 23,71% tidak tuntas. Setelah itu dilakukan tes akhir dengan tingkat ketuntasan 88,46% dan tidak tuntas sebesar 11,54%. Pada pelaksanaan siklus II, tingkat ketuntasan meningkat sebesar 96,15%, dan tingkat ketidaktuntasan meningkat sebesar 3,85%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 060950.

Downloads

Published

2023-08-11