MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PEMBIASAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Entri lia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.508

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penyelenggaraan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di kelas I SDN Cikarang, dengan subjek penelitian 16 siswa. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas. PTK dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus, penulis berkesimpulan bahwa pembiasaan dapat meningkatkan penyelengaraan pendidikan karakter, hal tersebut dibuktikan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh penulis dengan berdasarkan pada lembar observasi penilaian pendidikan karakter maka terlihat pada siklus I hasilnya siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 73 dengan 8 siswa memiliki nilai di atas KKM dan pada siklus II terdapat kenaikan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 82 dan siswa yang memiliki nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa

Downloads

Published

2023-08-13