PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 060950 MEDAN LABUHAN
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.484Keywords:
Model Pembelajaran TSTS, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPAAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah paradigma TSTS (Two Stay Two Stray) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SDN 060950 Medan Labuhan. Peserta dibagi menjadi dua ruang kelas di dua sekolah yang berbeda, dengan 30 siswa di kelas IVA SDN 060950 Medan Labuhan (kelas eksperimen) dan 30 siswa di kelas IV-B di SDN 060950 Medan Labuhan (kelas kontrol). Penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen nonequivalent control group design digunakan. Berdasarkan temuan penelitian, ditemukan bahwa model TSTS berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji-t (thitung) siswa sebesar 2,487 berbanding ttabel.