PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA BERBASIS SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS IV SDN 46 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Putri Nabila Ayulia Universitas PGRI Silampari
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari
  • Eka Lokaria Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.472

Keywords:

Pengembangan, LKS Berbasis Scientific, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan Lembar Kerja Siswa IPA Berbasis Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 46 Lubuklinggau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D. Subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas IVSDN 46 Lubuklinggau dengan sampel berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan angket. Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 0,85 dengan kualifikasi kategori Tinggi, validasi media memperoleh nilai0,87dengan kualifikasi kategori Tinggi, validasi materi memperoleh nilai 0,95 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari ketiga validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media, maka didapatkan skor rata-rata keseluruhan sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil yang didapatkan dari uji kepraktisan pendidik sebesar 92,5 % dan peserta didik sebesar 100 % dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 96,59 dengan kategori sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa IPA Berbasis Scientific sudah memenuhi kriteria valid dan praktis dan dapat digunakan dalam proses belajar IPA pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-07-13