PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 41 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.471Keywords:
LKS, SSCS, IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis search solve create share (SSCS) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis search solve create share (SSCS) pada pembelajaran IPA memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor sebesar 0,84. Untuk analisis penilaian ujicoba kelompok kecil (Small Group) terdiri dari 6 orang siswa dan 1 guru memperoleh skor rata-rata sebesar 94,37% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil analisis penilaian uji coba lapangan (efektivitas) pada siswa yang berjumlah 17 orang siswa memenuhi kriteria tinggi dengan rata-rata skor sebesar 0,88, artinya lembar kerja siswa berbasis search solve create share (SSCS) pada pembelajaran IPA memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan tinggi. Tahap disseminate dilakukan secara terbatas yaitu hanya di kelas IV.A SD Negeri 41 Lubuklinggau.