IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Sugito STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v7i1.457

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis studi pustaka tentang implementasi pendidikan
multikultural pada lembaga pendidikan dasar. Sumber pengambilan materi dalam penelitian ini adalah
dengan menganalisa literatur primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan
multikultural pada lembaga pendidikan dasar adalah terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif
dikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi
terhadap perbedaan yang ada dan muatan kurikulum multikultural terintegrasi dengan pembelajaran
seperti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn). Implementasi Pendidikan Multikultural dilakukan dengan memberikan
contoh teladan dari guru tentang saling menghargai. Adapun metode yang dilakukan oleh guru dalam
menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa adalah dengan cara mengajar dengan bahasa yang
santun dan tidak pernah menyinggung isu sensitif yang berkaitan dengan perbedaan agama dan suku. Dengan demikian maka pendidikan multikultural berdampak positif bagi sikap toleransi siswa. 

Downloads

Published

2020-03-31