MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWAKELAS V SD PANGERAN ANTASARI MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2020
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v7i1.454Keywords:
Sinektik, CTL, Penguasaan Kosakata, Keterampilan Menulis PuisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran dan
penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari
Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 123 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen)
dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang diajarkan
dengan model pembelajaran Sinektik dan CTL pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari
Medan,(2) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang memiliki penguasaan kosakata
tinggi dan kosakata rendah pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan, dan (3) terdapat
interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan
menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan.