PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA DI KELAS V SD PERMATA AMANDA MEDAN

Authors

  • Amir Danis STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v7i1.453

Keywords:

Strategi Pembelajaran,Gaya Belajar dan Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencari
pasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dan
kinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar
dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Permata Amanda Medan
pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data
adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan
metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data
menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala
lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencari
pasangan (Fhitung = 4,65> Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar
auditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik
(Fhitung = 7,97 >Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya
belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47> Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk
membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaran
mencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan
terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar.

Downloads

Published

2020-03-31