PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE

Authors

  • Ayu Mefita Sari STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Dian Kristanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Nurjannah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v7i2.451

Keywords:

: Whole Language, Kemampuan Membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pendekatan
Whole Languange dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Peureumeue.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas V yang
berjumlah 18 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
lembar tes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi, lembar dokumentasi, dan
lembar validasi. Hasil penelitian melalui pendekatan whole language yang digunakan di kelas V SD
Negeri Peureumeue ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukan
dengan hasil yang diperoleh siswa, dimana pada pra siklus hanya 44,44% yang memperoleh nilai
ketuntasan, kemudian pada siklus I mencapai 55,55%, hingga pada siklus II ketuntasan mencapai
88,88%. Hasil penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus.

Downloads

Published

2020-09-30