PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPA TENTANG MORFOLOGI TUMBUHAN DI SD N UJONG PATIHAH

Authors

  • Ratna Sari STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Nurjannah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Fakhrul Jamal STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v7i2.450

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Morfologi Tumbuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Ujong Fatihah semester ganjil
tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 48 orang terdiri dari 24 orang kelas IV-A dan 24 orang kelas IV-B. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir ratarata siswa melalui pembelajaran model inkuiri adalah 76,67, sedangkan rata-rata siswa dengan
model pembelajaran konvensional adalah 65,83. Hasil belajar siswa lebih baik dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik
“uji t test” diperoleh hasil ttabel = 1,714 dan dari hasil perhitungan t-test thitung = 2,923, sehingga
thitung > ttabel yang artiya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan selisih tersebut
mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
kelas IV di SD N Ujong Fatihah pada pembelajaran IPA tentang morfologi tumbuhan. Hal tersebut
membuktikan bahwa hipotesis diterima.

Downloads

Published

2020-09-30