PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN MAGNET PADA SISWA KELAS V SDN 068474 MEDAN LABUHAN
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.416Keywords:
Media Pembelajaran, Hasil Belajar, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kantong ajaib terhadap hasil belajar tematik materi magnet dalam siswa kelas V SDN 068474 Medan Labuhan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (eksperimental research) yaitu Metode eksperimen adalah salah satu cara dalam pelaksanaan pembelajaran, dimana siswa melaksanakan suatu pengamatan dengan praktik langsung mengenai suatu hal tertentu, mengobservasi langkahnya dan menyatat hasil percobaannya dan akhir hasil percobaan itu ditampilkan di depan kelas dan kembali dievaluasi oleh guru. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 068474 Medan Labuhan tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Variabel penelitian ini adalah media pembelajaran kantong ajaib untuk benda magnetis dan non magnetis. Penelitian ini adalah penelitian populatif dengan jumlah populasi sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Hasil penelitian ini mengarahkan pengaruh atau dampak penggunaan media kantong ajaib terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 068474 Medan Labuhan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata yaitu 75,3. Dari analisis nilai dibawah rata-rata sebesar 37% dan nilai diatas rata-rata sebesar 63%.