PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ SISWA KELAS VI SD NEGERI 11 MEULABOH TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Razali SD Negeri 11 Meulaboh, Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.41

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Active Leaning Tipe Quiz.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi dengan penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz pada siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh yang berjumlah 21 siswa. sedangkan objek penelitian ini yaitu pembelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan melalui penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman penilaian tes. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, hal ini dapat dilihat dimana pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajar hanya 66,67% atau 14 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajar mencapai 90,47% atau 19 siswa, namun peneliti menyadari bahwa ada 2 siswa yang belum tuntas belajar dikarenakan juga dengan berbagai faktor dari siswa itu sendiri. Adanya peranan dari guru dalam menerapkan Metode Active Leaning Tipe Quiz sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, dimana terlihat pada siklus I aktivitas siswa dimana pada siklus I mendapat persentase rata-rata adalah 66,67% namun di siklus II meningkat menjadi 90,48%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh.

Downloads

Published

2022-03-07