UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I MIS MT AZ – ZAKY MEDAN

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Zahratun Muthia Zaen STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.36

Keywords:

Kartu Bergambar, Kemampuan Membaca, Keterampilan Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui permainan kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini juga merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini yang sudah dilaksanakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 66. Jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 10 siswa (43%). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajarnya menjadi 73 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 14 orang siswa (61%). Pada sisklus II hasil belajarnya meningkay menjadi 79 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 18 orang siswa (78%). Selain itu penggunaan media kartu bergambar juga dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dikelas. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yang tadinya 60,09% menjadi 75,93%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I materi nama-nama buah dan Hewan.

Downloads

Published

2022-03-07