PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP ELEKTABILITAS ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK

Authors

  • Imarah Milati STKIP An-Nur Nanggoe Aceh Darussalam
  • Murni STKIP An-Nur Nanggoe Aceh Darussalam
  • Novi Mulyani STKIP An-Nur Nanggoe Aceh Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.336

Keywords:

Akreditasi, Elektabitas.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Akreditasi sekolah terhadap elektabilitas orang tua dalam menyekolahkan anak pada sekolah taman kanak-kanak yang sudah terakreditasi di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 80 responden yang di ambil dari beberapa sekolah yang sudah terakreditasi di kota Banda Aceh yaitu sekolah taman kanak-kanak Cinta Ananda, sekolah taman kanak-kanak Al-Washliyah Alue Naga, sekolah taman kanak kanak Tahfizh Anak Bangsa dan sekolah taman kanak-kanak Al- Munawwarah, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat orang tua menyekolahkan anaknya tidak dipengaruhi oleh nilai akreditasi sekolah, meskipun akreditasi merupakan tolak ukur mutu pendidikan akan tetapi pada pendidikan taman kanak-kanak orang tua tidak melihat nilai akreditasi sekolah dalam menyekolahkan anak, para orang tua lebih melihat kepada program pembalajaran yang di terapkan di sekolah dan jarak sekolah pun menjadi faktor penentu orang tua dalam memilih sekolah untuk anak.

Downloads

Published

2021-09-30