STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH MIN 7 LANGKAT

Authors

  • Kahar Mashuri STKIP Al Maksum

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.32

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Model Role Playing

Abstract

Riset ini bertujuan buat mengenali Proses, Penerapan serta hasil Nilai perencanaan pelaksanaan
strategi pendidikan IPS lewat Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa
kelas VI pada mata pelajaran IPS MIN 7 Langkat yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat,
dan hambatan dalam pelaksanaan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing dalam
tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI serta berikutnya upaya yang ditempuh buat menanggulangi
kendala- hambatan dalam mempraktikkan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing
dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS di MIN 7 Langkat. Ada pula
tata cara yang digunakan dalam riset ini ialah riset kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah dengan
metode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi.Sebagian tahapan riset ini berbentuk tingkat yang
meliputi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Hasil riset meyakinkan kalau strategi
pendidikan IPS memalui penerapan Model Role Playing bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS
kelas VI MIN 7 Langkat. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau dari sesi I, sesi II, serta sesi III
nampak terjalin pergantian yang signifikan pada proses pendidikan IPS. Perihal ini bisa dibuktikan dengan
pergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif serta
bergairah dalam proses pembalajaran IPS.

Downloads

Published

2022-03-07