EVEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI PROPER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Fitri Haryani MI Negeri 3 Kota Lhokseumawe
  • Nurmayuli MI Negeri 3 Kota Lhokseumawe
  • Nurdin Amin MI Negeri 3 Kota Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.307

Keywords:

Aplikasi PROPER, Kinerja Guru, Guru Kelas

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan Aplikasi PROPER dalam meningkatkan kinerja gurukelas MIN 3 Lhokseumawe. Pertanyaan penelitian  ini adalah bagaimana efektifitas penggunaan Aplikasi PROPER dalam meningkatkan kinerja guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Lhokeumawe?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan 20 orang guru kelas MIN 3 Lhokseumawe sebagai responden. Dari 20 orang tersebut selanjutnya dipilih 3 orang sebagai  subjek wawancara.Teknik mengumpulkan data, meliputi penggunaan kusioner, wawancara terstruktur, observasi secara partisipasi pasif (passive participation) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Aplikasi PROPER secara umum dapat meningkatkan kinerja guru kelas MIN 3 Lhokseumawe. Aplikasi tersebut diakui dapat meningkatkan kinerja guru kelas pada proses pembuatan rapor dapat dilakukan dengan lebih cepat. Akan tetapi masih ada guru kelas yang masih mengalami kendala ketika penggunaan aplikasi ini yaitu guru kesulitan mengoprasikan aplikasi ketika memasukkan data mata pelajaran yang harus berulang-ulang disebabkan tingkat kemahiran guru yang tidak sering berinteraksi dengan aplikasi  karena faktor usia, dan kendala lain.

Downloads

Published

2021-09-02