PROSES PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN BHAYANGKARI

Authors

  • Sayidatul Latifah Syam Mahasiswa PDSD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Jakarta Km. 4 Pakupatan-Panancangan Kec. Cipocok Jaya. Kota Serang Banten 42118

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.306

Keywords:

Penguatan Pendidikan Karakter;Karakter Peduli Lingkungan; Program Adiwiyata.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Proses Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta didik Kelas IV Melalui Perogram Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif ntuk membangun pengetahuan melalui pemahaman dengan menyelidiki suatu fenomena sosial. Hasil dari penelitian meliputi: pertama, proses pelaksanaan penguatan karakter peduli lingkungan memlalui program Adiwiyata yaitu, mengintegrasikan pada mata pelajaran, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, karakter peduli lingkungan peserta didik setelah dilaksanakannya penguatan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata, memiliki hasil yang positif dan memiliki pengaruh yang baik bagi karakter peduli lingkungan peserta didik yaitu sudah terlihat adanya perubahan pada peserta didik dalam peran menjaga lingkunga dan ketaatan terhadap peraturan.

Downloads

Published

2021-09-02