PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suroso 1SD Negeri Sumber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, Indonesia
  • Kuncahyono Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i1.298

Keywords:

Pendekatan Lingkungan, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada konsep benda dan sifatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negerri Sumber. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 34 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan metode eksperimen verifikasi, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajarkan dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data dengan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil thitung > ttabel (9,26 > 2,00). Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-03-01