PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.236

Keywords:

Sinektik, Kemampuan Menulis Puisi, Penguasaan Kosakata

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
sinektik terhadap kemampuan menulis siswa dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model
pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa di kelas V SD Swasta
Pangeran Antasari Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Swasta Pangeran Antasari Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah
quasi experimental. Populasinya adalah siswa kelas V SD Swasta Pangeran Antasari Medan. Adapun teknik
pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
(1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data statistik uji ANOVA. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap
persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengolahan, dan (4) tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini
diperoleh rerata hasil kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan model pembelajaran sinektik yaitu 81,67
sedangkan rerata kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan metode pembelajaran konvensional yaitu
71,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran sinektik lebih tinggi daripada kemampuan menulisi puisi siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2021-09-30