PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VI SD NEGERI 047166 SUKADAME SEMESTER II T.P. 2019/2020

Authors

  • Suranta Br Tarigan SD Negeri 040527 Tigapanah

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.235

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Afektif, Keterampilan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan
model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan
jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart
yang terdiri atas dua siklus. Di setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil
belajar kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai ketuntasan.
Pada siklus I menunjukkan 13 siswa tuntas secara individu dengan nilai rata-rata 66,25 dan tidak tuntas
secara kelas. Pada siklus II, tuntas secara individu sebanyak 28 siswa dengan nilai rata-rata 81,88 dan tuntas
secara kelas. Hasil belajar kognitif siswa berhasil mencapai ketuntasan karena selama pembelajaran siswa
lebih aktif dan mampu bekerja sama dalam menyelesaikan LKS; 2) Afektif belajar siswa dengan menerapkan
model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai indikator keberhasilan yang ditandai dengan terjadinya
peningkatan di setiap indikatornya. Afektif siswa meningkat karena siswa sudah memiliki tanggung jawab
masing-masing sehingga pembelajaran berjalan sesuai yang diharapkan; 3) Keterampilan siswa dengan
menerapkan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai indikator keberhasilan yang ditandai
dengan terjadinya peningkatan di setiap indikatornya. Keterampilan siswa meningkat karena siswa sudah
saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

2021-09-30