PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VI SD NEGERI 040527 TIGAPANAH SEMESTER II T.P 2019/2020

Authors

  • Rahmad Br Perangin-angin SD Negeri 047166 Sukadame

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.234

Keywords:

Model Inquiry Learning, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotorik siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
inquiry learning selama kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri
040527 Tigapanah dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
(action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar kognitif siswa
melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berhasil
mencapai ketuntasan. Pada siklus I siswa tuntas 9 orang dengan dengan rata-rata 63,33. Pada siklus II siswa
tuntas 21 orang dengan rata-rata mencapai 83,33 dan kelas tuntas. Ketuntasan hasil belajar kognitif ini
terjadi karena dalam melakukan diskusi kelompok, siswa sudah mampu bekerja sama dengan baik; 2) Afektif
siswa melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
mengalami perubahan menjadi lebih baik pada setiap indikatornya. Perubahan ini terjadi karena guru
memberikan motivasi yang agar siswa memperbaiki sikapnya selama pembelajaran; 3) Psikomotorik siswa
melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mengalami
perubahan menjadi lebih baik pada setiap indikatornya. Perubahan ini terjadi karena siswa sudah berani
menyampaikan pendapat dan mempertahankan argumentasinya

Downloads

Published

2021-09-30