MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR DI SD NEGERI 044827 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Mardim Ginting SD Negeri 044827 Kandibata

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.233

Keywords:

Supervisi Klinis, Model-Model Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Tujuan penelitioan ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran dengan menerapkan
model-model pembelajaran kooperatif dan hasil belajar warga belajar setelah megikuti pembelajaran
dengan model-model pembelajaran kooperatif di SD Negeri 044827 Kandibata. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2021 di SD Negeri 044827 Kandibata. Jumlah
tutor sampel sebanyak tiga tutor dengan dua puluh warga belajar. Data diperoleh melalui Format Alat
Penilaian Kemampuan Tutor dan tes hasil belajar warga belajar yang dianalisis secara deskriftif dan
persentatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan tutor IPS, Bahasa Indonesia, dan
Matematika dalam menerapkan model-model pembelajaran kooperatif tipe NHT, TPS, dan STAD pada
Siklus I berturut-turut 68, 68, dan 65 dalam kategori cukup, sementara pada Siklus II berturut-turut 79,
81, dan 77 dalam kategori baik, 2) Peningkatan kemampuan tutor dalam menerapkan model pembelajaran
kooperatif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar warga belajar. Terbukti dari naiknya ketuntasan
klasikal untuk ketiga mata pelajaran IPS dari 45% menjadi 90%, Bahasa Indonesia dari 40% menjadi
85%, dan Matematika dari 40% menjadi 80%. Sehingga pelaksanaan supervisi individual tentang
penerapan model-model pembelajaran sangat cocok digunakan untuk meningkatkan kompetensi tutor
dalam melaksanakan pembelajaran melalui model-model. Sementara untuk tutor perlu menyusun
perangkat pembelajaran untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik, terarah dan matang.

Downloads

Published

2021-09-30